INFO Komunikasi Lebih Lancar & Pasti Sampai via Email ke AnjingDijual@gmail.com (Prioritas, dibalas lebih cepat!)
AnjingDijual.com
Buat Thread Baru Kirim Komentar
15 Apr 2014 22:07:04
#1
Avatar Martky.Fristky.Salomo.Senduk
Martky.Fristky.Salomo.Senduk
Total Post : 2

anjing muntah darah segar terus, ga mau makan, perut membengkak

t teman2 pecinta anjing, saya punya masalah nih sama anjing peliharaan saya. umurnya sih udah 8 tahunan. awal mulanya tidak ada penyakit yg parah banget yg pernah dialami oleh anjing saya, tapi tiba2 kmrn anjing saya mengalami gelaja2 sakit yg aneh n lumayan parah. gelaja awal nya muntah2 tapi makin lama muntah nya ikut mengeluarin darah seger yg tidak sedikit. nafsu makan nya juga berkurang n bentuk perutnya mengembung membesar.

buat teman2 yg sudah berpengalaman menghadapi gelaja ini, bisa dijelaskan kepada saya nama penyakit nya ini apa ya. kalo berkenan, mungkin teman2 juga boleh memberikan info penanganan n pengobatan nya ke saya.

sebagai tambahan, di kota saya belum ada dokter hewan yg membuka praktek sehingga sangat susah menemukan tenaga ahli untuk mengobati anjing kesayangan saya ini.

saya sangat sayang banget sama anjing ini. 5 tahun bersahabat sama dia serasa ga bisa dipisahkan. memang sih 3 tahun trakhir saya ga bisa bertemu dia karena saya harus melanjutkan kuliah di pulau jawa.

maaf kalo saya blepotan membuat thread ini (masih pemula)

terimakasih

16 Apr 2014 14:27:04
#2
Avatar DHARMA
DHARMA
Total Post : 65
Duh yang ngerti belum ada yang respon ya ini...
Saya coba bantu sambil menunggu yang lebih mengerti deh ya.

Kalo sudah berdarah gitu pastinya didalam perut ada luka dan kemungkinan skrg bisa sudah infeksi kayaknya tuh....Coba di kasih antibiotik aja dulu...untuk anjing dewasa mgk bisa kasih amoxilin aja satu biji yang 500gr satu hari satu biji. yang masalah kalo dia muntah terus jadi antibiotiknya ga bisa masuk ke lambung. Mesti pake suntik kalo udah begitu.

Kalo untuk mengetahui penyebab muntah dan lukanya sampai muntah darah mesti periksa ke vet yang lebih mengerti. Tapi coba kasih pencegahan infeksi untuk luka diperutnya aja dulu biar anjingnya ga kesakitan dan menghindari infeksi organ dalam.

Kasih makan yang lunak dulu. Semoga tubuhnya bisa recover sendiri kalau tidak sampai infeksi.
17 Apr 2014 01:09:54
#3
Avatar gabriela.nathania.33
gabriela.nathania.33
Total Post : 62
Saya dulu punya anjing pernah sakit kayak gitu (tp darah keluar dari muntah dan pup), dan akhirnya meninggal, walaupun sudah di tangani Drh. (sampai di infus)
menurut perkiraan Drh saya anjingnya kena parvo.

Kalau perut membengkak kemungkinan ada tertelan sesuatu yang menghambat saluran percernaan dan melukainya.

Beri dia carian yang cukup biar tidak dehidrasi ( krn dia muntah ) ; bisa kasih makan dia dengan air kaldu atau susu biar cairannya tergantikan.

Saran ssaya segera di bawa ke vet saja, sebelum terlambat smile
17 Apr 2014 03:29:32
#4
Avatar Rottfan1
Rottfan1
Auto Banned
Total Post : 905
saran aku kasih norit dulu, ini penyerap racun, sama sekali gak berbahaya di konsumsi manusia dan binatang. Muntah darah bukan deskripsi parvo, bloody diaria iya, tapi mungkin aja, paling aman di tes darah. tp kalo mau lebih gampang, lihat nafsu makan minum gak, anjing yg kena virus, termasuk parvo, gejala awalnya gak mau makan dan minum sama sekali, lemas lesu. tp dr umur dan deskripsinya agak membingungkan, kalo sy drh sy juga pasti bingung. Itu bisa aja infeksi di perut, deskripsinya kurang jelas sih smile
17 Apr 2014 20:03:08
#5
Avatar Zasky
Zasky
Total Post : 294
Anjing anda pada awalnya muntah terus, kemudian muntah darah. Warna darah yang dimuntahkan berwarna apa ? Kalau darah segar ( merah ), kemungkinan besar berasal dari kerongkongan ( saluran buat makanan/esofagus ) yang teriritasi oleh asam lambung yang sering melewati esofagus tadi. Karena teriritasi/luka, maka keluarlah darahnya. Tapi kalau darah yang dimuntahkan berwarna merah kecoklatan/agak hitam, berarti darahnya sdh bercampur dengan asam lambung, kemungkinan besar ada perdarahan di lambung. Bagaimana pupnya, apakah berwarna hitam dan konsistensinya seperti aspal cair atau petis? Kalau ya, berarti ada perdarahan di atas lambung ( esofagus dan lambung ), tapi jika warna pupnya warna merah segar artinya perdarahannya di bawah lambung ( di usus halus dan/atau usus besar ). Perut bengkak/membesar disebabkan muntah yang masif tadi, sehingga badan kekurangan Kalium yang menyebabkan kembung. Yang jadi masalah adalah apa penyebab muntahnya ? Ada beberapa penyebab muntah seperti :

Parasit dalam usus Hal ini dapat menyebabkan muntah dan diare pada anak anjing dan anjing dewasa. Kadang flu juga bisa menyebabkan muntah ringan.Kelebihan asam lambung Jika anjing anda muntah berwarna kuning dan biasanya terjadi tidak lama setelah makan, ini bisa berarti bahwa anjing anda memiliki kelebihan cairan empedu dan asam lambung. Hal ini bisa diperbaiki dengan memberi makan anjing anda lebih sering dalam jumlah yang lebih sedikit.Tidak cocok atau alergi dengan makanan tertentuPerubahan makanan pada anjing anda mungkin bisa menyebabkan muntah dan diare jika mereka tidak cocok/alergi terhadap bahan makanan tertentu. Memakan rumput Beberapa anjing kadang memiliki kebiasaan memakan rumput. Muntah setelah memakan rumput, tidak selalu terjadi namun jika dia memakan terlalu banyak, dia mungkin bisa muntah.
Bahan yang bukan makanan Anjing seperti pemulung alami. Mereka memiliki kecenderungan untuk memakan sampah, jasad hewan mati, tanaman dan apapun yang mereka pikir mungkin adalah sesuatu yang enak untuk dimakan. Beberapa diantaranya mungkin tidak berbahaya, namun yang lain mungkin bisa sangat berbahaya bagi mereka.Makanan manusia Beberapa makanan manusia, terutama yang mengandung lemak tinggi, gula dan garam tidak boleh diberikan kepada anjing secara rutin. Tidak hanya bisa menyebabkan mereka muntah, namun mereka juga bisa mengalami masalah kesehatan yang serius di masa depan seperti diabetes.Makan atau minum terlalu banyak Hal ini biasa terjadi pada anak anjing atau jenis trah kecil. Jika mereka makan terlalu cepat dan terlalu banyak dalam sekali waktu, mereka bisa muntah tak lama setelah makan.Penyakit dan masalah kesehatan Penyakit seperti Pankreatitis, kanker, dan canine parvo bisa menyebabkan muntah. Tumor, infeksi telinga dan beberapa infeksi bakteri juga bisa menyebabkan muntah.

Ketika kapan muntah itu menjadi masalah serius atau kapan saatnya saya harus membawa anjing ke dokter hewan jika dia muntah?

Jika anjing yang sehat, muntah sesekali mungkin tidak menjadi masalah. Tetapi jika anda melihat salah satu tanda-tanda dibawah ini, bawalah segera anjing anda ke dokter:
- Muntah lebih dari sekali dalam sehari atau terus muntah keesokan harinya
- muntah banyak yang terus menerus (projectile vomit)
- Muntah mengandung darah merah terang atau kelihatannya seperti bubuk kopi (kemungkinan sebagian mengandung darah)
- Diare, lesu, perut kembung
- Muntah meskipun tidak makan selama beberapa jam

Muntah juga bisa lebih berbahaya pada anjing berusia tua, anjing-anjing yang memiliki riwayat masalah kesehatan, dan anak anjing. Jadi, terus mengawasi dan memperhatikan anjing anda dan membawanya ke dokter segera jika muntah terus berlanjut karena muntah (vomit) bisa menyebabkan dehidrasi pada anjing.

Mengobati Muntah
Jika anjing anda sehat dan hanya muntah sekali, anda harus menahan memberi makan dan air selama 12 jam untuk memberikan waktu bagi perut anjing anda beristirahat. Setelah itu, berikan anjing anda sedikit kepingan es batu atau sedikit air minum (serempat sampai setengah cangkir, tergantung jenis ukuran anjing anda) untuk melihat apakah mereka bisa menerimanya. Anda juga bisa memberikan sejumlah kecil larutan elektrolit anak dengan air.
Last Edited : 17 Apr 2014 20:09:58
17 Apr 2014 21:44:07
#6
Avatar Zasky
Zasky
Total Post : 294
Untuk obat - obatan sementara bisa diberikan Metocopramide ( misalnya Primperan ) dengan dosis 0.5 mg/Kg Berat Badan/hari dibagi menjadi 3 dosis, contoh Bila Berat Badan doggy 30 Kg, maka dosisnya 0,5 Mg X 30 = 15 Mg/hari, sekali pemberian 15 Mg : 3 = 5 Mg. Berat Primperan 1 tabletnya 10 Mg, maka sekali pemberian 1/2 ( setengah ) tablet. Obat yang lain dapat diberikan antasid ( obat maag ), misalnya kalau BB doggy 30 Kg, diberikan 3 x 1/2 tablet. Jika diberikan obat2 di atas tidak sembuh, mau tak mau periksakan ke dokter hewan untuk mencari penebabnya.
19 Apr 2014 15:33:58
#7
Avatar Martky.Fristky.Salomo.Senduk
Martky.Fristky.Salomo.Senduk
Total Post : 2
terimakasih banyak buat saran dan info dari teman2 semua. saya harap info ini bisa berguna buat pengpbatan anjing peliharaan saya dan buat teman2 yg mengalami kasus yg sama dengan saya.
28 Apr 2014 11:39:43
#8
Avatar wieyen
wieyen
Total Post : 11
lebih baik segera bawa ke dokter hewan terdekat
03 May 2014 14:08:19
#9
Avatar montotoyupi
montotoyupi
Total Post : 30
saran saya lebih baik secepatnya dibawa ke drh sebelum terlambat
29 Jan 2018 06:06:21
#10
Avatar kimivalentino2
kimivalentino2
Total Post : 1
Kenapa ya anjing saya muntah darah dan tidak mau makan?
27 Feb 2018 16:39:41
#11
Avatar tanialidodevini
tanialidodevini
Total Post : 1
Anjing saya muntah darah yg berwarna kecoklatan, dia tidak mau makan, tapi dia tidakk lesu masih bisa berdiri, tapi dia tidak mau menggogong, apa solusi nya ya ?
02 Apr 2018 21:55:11
#12
Avatar halomoanpandiangan21
halomoanpandiangan21
Total Post : 1
apa sih obat anjingg biar cepat sembuh

Kirim Komentar
Mohon maaf, Fasilitas "Post Reply" sedang maintenance untuk performa yg lebih baik. Please come back later.