Halo AnDi: 0812.8600.8900 (Bukan Penjual) | AnjingDijual@gmail.com | anjingdijual @anjingdijual @anjingdijual
  Pasang Iklan Anjing /  Pasang Iklan Produk /  Info Rek. & Konfirmasi /  Hubungi AnDi
E-mail   Password   Lupa Password? | Daftar/Register |

PAL 7 Petshop PAL 7 Petshop PAL 7 Petshop PAL 7 Petshop
Kirim KomentarKirim FotoBuat Thread Baru
20 Sep 2012 13:33:02 #1
Avatar Sandy_Mohan
Sandy_Mohan
Total Post : 18
Jenis Anjing yang Cocok untuk Newbie (Nol Pengalaman Pelihara Anjing)
Sebagai pecinta hewan terkadang suka iri melihat orang yang sedang ngajak hewan peliharaannya jalan - jalan, baik di mall, taman, atau bahkan diajak hang out ke pantai. Sejak kecil saya adalah pecinta hewan, apapun itu. Tetapi seumur hidup hewan yang saya biasa pelihara antara lain kucing, kelinci, ikan, dan ayam. Kucing...okelah bisa dilatih juga kelinci. Anjing masih ragu - ragu, maklum saya adalah muslim. Namun terkadang kalau lagi diperjalanan tiba - tiba lihat orang lagi bawa anjingnya suka ngiri, dari hati kecil yang terdalam pengen banget melihara anjing yang bisa dibawa kemana - mana, ngampus juga,,hahaha...
Akhirnya setelah berfikir panjang dan mencari pencerahan saya memutuskan untuk memelihara anjing, koq bisa?? Saya kan muslim? Toh, muslim Indonesia (maaf) terlalu berlebihan dalam konteks Anjing Haram buat dipelihara. Ternyata setelah dipelajari tidaklah haram, hanya najis (wajib untuk mencuci tangan kalau terkena air liur anjing) Itulah alasan saya mantap untuk memelihara anjing.

Namun yang jadi masalah, saya bingung jenis dan karakter anjing seperti apa ya yang cocok untuk Newbie seperti saya (Nol pengalaman pelihara anjing)? Saya berencana untuk pelihara anjing breed Husky Siberian atau Alaskan Malamute, selain karena tampangnya yang keren bak srigala juga, dari berbagai info, anjing jenis ini adalah anjing aktif. Saya gak suka peliharaan yang kerjanya cuman tidur makan tidur makan.

Tapi, setelah baca artikel http://anjingdijual.com/thread/52/the-siberian-husky-breed#post_id_618 tentang breed husky siberian, saya jadi mikir - mikir. Untuk semua dogs lover, mohon pencerahannya untuk newbie ini. Yang pasti saya mencari tipe/karakter anjing :
Ukuran badan besar, aktif/energik, tidak berisik, cerdas/gampang dilatih.

Thanks, saya tunggu pencerahannya dari para advance dogs lover. Dari saya yang sangat, sangat, sangat, ingin memelihara anjing.
20 Sep 2012 15:18:44 #2
Avatar raditya
raditya
Total Post : 7
Salam kenal
untuk yg baru pertama pelihara anjing dan sesuai dgn type diatas ,saya sarankan pelihara golden retriever karena karakternya yg baik,gampang dilatih,lincah tapi perawatan agak lumayan ribet karena golden bulunya panjang jadi perawatannya harus extra. kalau pengen yg gampang ngerawatnya pilih labrador soalnya bulunya pendek dan karakter sama dengan golden.
20 Sep 2012 15:41:06 #3
Avatar Wira.Tour
Wira.Tour
Total Post : 1
hai
setuju dengan komentar di atas. kalau blm pernah pelihara anjing sebaiknya golden ret atau labrador ret.
meskipun saya sendiri punya golden rpet, tp kalo saran saya pribadi lebih baik labrador ret karena bulunya pendek2, cenderung lebih mudah dirawat.
karakter mereka (golden dan labrador) sama kok. sama2 baik, sama2 lucu.
saya jg punya pengalaman dengan husky, mereka sangat hiperaktif.
harus bener2 dijaga dr kecil, kalo ngga bisa "destruktif" dalam artian ngeberantakin rumah melulu.
semoga dpt puppy yg cocok ya!
20 Sep 2012 21:50:33 #4
Avatar GrandCubicle.com
GrandCubicle.com
Total Post : 5
betul apa yg dikatakan agan raditya, trah golden retriver adalah trah yang mudah jinak dan bonding, makanya ga heran trah golden retriver dapet julukan dogie sejuta umat hehehe
tp pandangan saya pribadi mengenai dogie, smua dogie sbetulnya asal terlatih akan patuh, tapi jika tidak terlatih akan tidak jauh beda juga hasilnya. Kecuali dogie yang udah dewasa umur 2thn mkn akan lebih tenang, tapi untuk kepatuhan tetap butuh latihan dan didikan.

dari link di thread agan TS bingung dgn point terakhir:

"8) No Off-lead Walking
Husky memiliki insting berlari yang kuat. Sekali dia lepas, sulit menangkapnya kembali apalagi mengejarnya. Insting berlari ini membuatnya sulit sekali diajari datang kalau dipanggil (di luar rumah, saat dia tidak ditali) dan hal ini membahayakan mengingat kecepatan dan jumlah kendaraan bermotor yang bisa membunuh husky kesayangan anda dalam sekejap mata. Ingat, husky usia remaja MUNGKIN masih bisa kembali saat dipanggil tapi seiring waktu berjalan kebanyakan husky mulai mengikuti instingnya dan TIDAK akan kembali saat dilepas. Malahan, husky anda akan berlari semakin menjauhi anda. Tolong sediakan payung sebelum hujan, jangan sekali-kali mencoba melepas husky anda apalagi di tempat ramai yang penuh mobil. Ada beberapa anjing yang merupakan pengecualian tapi secara general husky TIDAK BISA diajak jalan-jalan tanpa tali. Hal ini sudah dibuktikan melalui sharing, pengakuan dan cerita sesama pemilik anjing husky. Banyak pemilik yang awalnya suka melepas anjing husky-nya kemudian menyesal karena husky-nya hilang dan tidak bisa ditemukan kembali. Tolong jangan biarkan nasi menjadi bubur. Apabila anda tidak suka berjalan dengan anjing yang tidak bisa dilepas, Siberian Husky bukan jenis yang tepat untuk anda. "


bole percaya or not, siberian husky saya sangat patuh krn dari kecil saya didik dan latih ketaatan (**kepatuhan didapatkan dari latihan, dan latihan kunci utamanya adalah antara dogie dgn ownernya hrslah bonding) , pernah ga sengaja pintu gerbang saya ga ditutup, akhirnya husky saya keluar, tapi ga sampe lari2 kejalan, padahal lumayan lama saya tinggal ada kurang lebih satu jam, cm tetangga akhirnya kasih tau kalo dogie saya keluar di depan rumah (mrk takut dogie saya ada yang angkut), dan 2x pernah off leash ga sengaja, pertama gara2 tali leashnya putus dibagian sambungan (waktu itu sata lagi lari pagi bareng husky), memang betul husky saya lari dan otomatis tanpa tali leash dia lebih nyaman lari duluan, tapi krn telah terlatih saya beri command "brenda stop" (*nama husky saya brenda) dan kemudian husky saya berhenti dan menoleh kebelakan, dan selanjutnya saya perintahkan utk "fall back" dan dengan patuh husky saya pun kembali di samping kiri saya sambil duduk.
yang kedua kalinya husky saya sangat takut sama jarum suntik (sama spt ownernya :malus), jadi begitu dokter yang mau vaksin dateng kerumah, begitu ada kesempatan dia lari keluar gerbang (si asisten dokternya ga nutup pintu gerbang rumah lagi :hammer), tp dgn command yang sama dan hasil yang sama husky saya ga kabur dan hilang.
klo dirumah juga husky saya jarang taro di kandang kalo pagi - sore (kecuali malam), dan saya tinggal kerja pd waktu itu ga ada satu pun barang yang rusak atau porak poranda.

Logikanya, semua dogie apapun walaupun yg dikatakan jinak tetap tidak bole tanpa tali saat diluar rumah demi keselamatannya, dan juga semua trah apapun tanpa terlatih akan menjadi sulit diperintah, krn tidak ada satu trah apapun didunia ini yang bisa langsung mengerti perintah tanpa kita latih. Untuk itu dibutuhkan didikan dari ownernya sebagai bentuk tanggung jawab kita.

seperti yg saya katakan diatas, siberian husky saya beberapa kali pernah keluar rumah dan off leash walaupun tidak sengaja tapi tanpa terlatih dgn baik akan sesuai dengan point diatas, tapi walaupun telah terlatih sebagai owner tidak bole sembarangan bawa dogie tanpa leash di luar rumah demi kebaikan dogie itu sendiri, apapun jenis trahnya saya sangat tidak menyarankan tanpa tali leash di luar rumah.

kalo soal kenakalan, semua trah kalo masih anak2 pasti demen teriak2,,dan ada beberapa trah juga bukan cm siberian husky yang suka gali2 tanah atau merusak pot rumah, merusak selang air, merusak sepatu or sandal,, dogie pom saya juga paling demen ngerusak waktu dulu sebelum terlatih, bahkan dogie mongrel aka kampung saya juga jaman dulu paling demen ngerusakin tanaman di halaman, cm krn saya didik sekarang ga pernah melakukan pengrusakan apapun. Jadi kuncinya, ikuti kata hati kita suka sama dogie apa, tapi jangan lupa untuk mendidik dan melatihnya sbg bentuk tanggung jawab kita sebagai owner...
jika kita melatih dogie kita sedini mungkin apalagi masih puppy, maka semakin bertambah dewasa semakin tenang, kalem dan patuh..

semoga dapat mencerahkan, jika ada kalimat yang salah mohon maaf yah agan2 sista2 semua :shakehand
Last Edited : 20 Sep 2012 22:18:16
20 Sep 2012 23:00:35 #5
Avatar M4NB35TFR13ND
M4NB35TFR13ND
Total Post : 199
Saya setuju dengan saran dari rekan-rekan diatas dan masalah dengan siberian husky saya rasa apa yang dikatakan oleh boss GrandCubicle benar adanya karena setiap malam saya selalu jalan bareng dengan teman-teman yang pelihara anjing siberian husky hanya saya yang beda sendiri hehehe pegang rottie...
20 Sep 2012 23:02:44 #6
Avatar M4NB35TFR13ND
M4NB35TFR13ND
Total Post : 199
Saya mau menambahkan kalau TS termasuk orang yang mencari anjing yang aktif saya rasa siberian husky salah satu breed yang cocok karena mereka butuh exercise untuk membuang semua energi yang tidak dibutuhkan agar tidak menjadi perusak. Intinya adalah "LATIHAN, KETEKUNAN, DAN KESABARAN".
21 Sep 2012 02:09:54 #7
Avatar firkie.nakata
firkie.nakata
Total Post : 1
rottwailler aja. coba baca artikel. rottwailer itu cuman sugest yg galak. tp ternyata fun dan patuh. selamat mencoba. sy tidak akan menunjukan keunngulan rottwailer. tp sy yakin. km pasti ngerti bahawa rott yg juara heheheh. walaupun di rumah sy ada 9 jenis ras
21 Sep 2012 19:21:59 #8
Avatar M4NB35TFR13ND
M4NB35TFR13ND
Total Post : 199
@bro Firkie : Hehehehe satu perguruan kita tetapi sangat sulit karena bagi kebanyakan orang rottie itu galak, dsb. But find the right breeder and we have to be responsible owner for our best friend.
21 Sep 2012 22:34:42 #9
Avatar tommy.a.pratama.7
tommy.a.pratama.7
Total Post : 1
klo saran ku,pilih golden atau lab ret aj.klo anjing kecil chihuahua ,tekkel atau pug jgn bs jd pilihan.
klo mau coba trah tertentu coba aj dulu gabung di forum2 diskusi anjing dulu.contoh; kaskus>forum mamalia>banyak pencinta anjing jg kok d sana.jgn langsung beli saranku.breader yang baik pasti akan menceritakan kekurangan jenis trah yg di biakanya.contoh:husky pelari yg super cepat,pencuri makanan yg handal(aku pribadi punya beberapa husky d rumah).knp aku bilang belajar di forum dulu,supaya tdk menyesal pada akhirny.

hidup anjing antara 10-15 tahun,waktu yg tidak sebentar.jgn sampai memiliki mereka hanya karena keinginan sesaat.lalu stelh mereka nyaman kita abaikan(hanya d bri makan dan sesekali d ajak bermain) selebihnya hanya di biarkan atau di kurung dlm kandang.
biaya anjing jg perlu di perhitungkan ya gan cont:biaya makan,vaksin dll.
Dan jg berkomitmen kamu punya waktu utk mengajak anjing kamu berolah raga,bermain dan melatihny?
siap gak klo pd saat malam hari anjing kamu sakit,kamu ajak kedokter?
siapkah kamu pada saat malam hari tidurmu terganggu,karna anjingmu menggong-gong karna suatu hal?
siapkah kamu jika secara tidak sengaja akibat bermain tanganmu tergigit atau tercakar?

bersediakah membuat komitmen
10 promises to my dog:
1. tolong dengar aku bicara
2. bagaimanapun aku akan mendampingi kamu
3. tolong bawa aku sering bermain
4. jangan lupa pada perasaan ku
5. jangan pukul aku
6. kalau aku tidak mendengarkan mu, pasti ada alasan
7. kamu di sekolah / di luar sana punya teman, tapi teman ku hanya kamu
8. ketika aku sudah tua, tolong baik2 jaga aku
9. hidupku sekitar 10 tahun, jadi hargailah waktu kita
10. jangan lupakan saat aku bersamamu, aku tidak akan melupakan saat kamu bersamaku, ketika aku meninggal, aku minta tolong padamu untuk berada di sisi ku.

pikirkan dulu masak2 y,selebihnya anjing adalah binatang yg cerdas dan sahabat yg setia dan menyenangkan.jika kamu bisa berkomitmen menerima mereka.
(sorry kepanjangan,heheee koreksi klo ane ada salah2 kata y)
22 Sep 2012 02:16:29 #10
Avatar aris.ariz1
aris.ariz1
Total Post : 3
sorry broo sptnya husky kagak cocok utk Anda (Ukuran badan besar, aktif/energik, tidak berisik, cerdas/gampang dilatih) ukuran husky cenderung sdg2 saja, aktif oke, tdk berisik em.. mkgn iyaa, cerdas/gampang dilatih ampun dah hahahaa..
mkgn Anda lbh cocok herder or golden (cuman ga bs jaga rumah) hahahaha..
23 Sep 2012 09:05:21 #11
Avatar 006755
006755
Total Post : 1
sy juga muslim bro,its oke.sy pribadi pake mazhab malikiyah aj,bagi sy anjing juga mahluk Tuhan.yg dilarang islam kalo memakan anjing.di rmh sy pelihara golden,herder,pitbull,shitzu...kayak nya lebih enak urus herder buat pemula bro...
23 Sep 2012 22:50:52 #12
Avatar gelvie
gelvie
Total Post : 55
hanya ingin membantu....
untuk trah besar saya rekomendasikan golden retriever dan labrador retriever
untuk trah kecil saya sarankan poodle dan pomeranian
kenapa bukan chihuahua?karena chihuahua adalah anjing besar dalam casing yang kecil (menurut pengalaman pribadi saya berkutat dengan 3 chihuahua dirumah) dan cukup sulit dilatih.
semoga membantu
24 Sep 2012 18:45:44 #13
Avatar shiroi05
shiroi05
Total Post : 67
untuk poin terakhir dalam thread saya, saya mohon maaf kalau info yang saya tuliskan terasa tidak cocok atau malah menyinggung perasaan saudara-saudara yang suka mengajak Husky-nya berjalan-jalan tanpa tali. Saya tidak membuat poin itu untuk menakut-nakuti saudara atau memukul rata semua anjing Siberian Husky, tetapi dalam komunitas pemilik husky saya, kisah-kisah husky yang melarikan diri sudah bagaikan kisah horor harian. 90% anjing husky dalam komunitas saya sama sekali tidak bisa diajak berjalan tanpa tali walau dulunya (saat masih remaja) bisa. Saya hanya hendak menyampaikan apa yang saya ketahui saja. Walaupun begitu saya tahu ada banyak anjing husky yang bisa diajak jalan tanpa tali walaupun tidak semua. Mohon diingat bahwa setiap anjing memiliki kepribadian yang unik dan breed profile yang saya tulis hanyalah komentar general dari sekian banyak pemilik husky yang saya kenal. Terimakasih menyampaikan kekurangan dalam artikel saya =) 

untuk @Sandy_Mohan, kalau boleh tahu ragu-ragunya karena apa ya? Kalau ragu-ragunya karena sifat-sifat lahiriah Husky yang tak bisa dihindari (misalnya kerontokan bulu) sebaiknya memang memilih trah lain. Golden, German Shepherd (herder) atau Labrador mungkin adalah pilihan yang lebih tepat. Tetapi jangan khawatir, saya tidak pernah berkata memelihara husky sebagai anjing pertama adalah mustahil. Diamond, husky jantan saya, adalah anjing pertama saya. Usianya sudah 13 bulan saat dia pertama kali saya bawa pulang dan hari ini, hampir tiga tahun kemudian, dia masih tinggal bersama saya dan saya juga tidak kapok memelihara Husky =) semuanya tergantung kepada anda.
24 Sep 2012 21:34:41 #14
Avatar sirrezack
sirrezack
Total Post : 1
Miara anjing harusnya ngak ada istilah newbie, karna kita mesti punya komitmen sebelumnya. Ngak seperti maenan elektronik yg klo kita ternyata ngak suka/bosen bisa kita simpen dulu atau bahkan buang. Komitmen jg berarti kita siap dg segala konsekuensinya, bersihin kotoran, grooming, suara berisik, resiko digigit, ngajak jalan, dsb setiap hari. Umur anjing bisa belasan tahun, lho. Gw ngak nakut-nakutin, tp klo anda siap dg konsekuensi tersebut. Anjing bisa jadi teman terbaik anda yg paling setia.
Karna rutinitas tersebut, anjing bakal jadi teman keseharian anda maka trah jadi masalah selera. Anda mesti bener-bener suka sama anjingnya. Selera gw sih Rottweiler, karna anjing ini typical one man one dog. Hanya ramah sama orang yg dikenal. Anda seperti punya pengawal pribadi, ada kebanggaan tersendiri..
24 Sep 2012 21:38:23 #15
Avatar Birkoff
Birkoff
Total Post : 34
@sirrezack, i 100% agree, klo kita udah mau piara anjing, berarti kita ga bisa seenaknya mau jual lagi atau dikasih ke orang kalau sudah bosan. Seperti sudah ada ikatan antara anjing dan pemilik. Merasa kasihan kalau dia belum makan atau kepanasan siang-siang. Itu sih pengalaman saya.
27 Sep 2012 09:15:47 #16
Avatar Olivia.Samsudin
Olivia.Samsudin
Total Post : 31
kalo saranku lebih baik milih rabrador aja daripada husky karena aku dulu sempat melihara husky karna larinya yg cepet banget akhirnya dia hilang sampai sekarang
27 Sep 2012 16:49:47 #17
Avatar Memey.Ping
Memey.Ping
Total Post : 5
klo saran saya piara chihuahua bulu pendek yg badan kekar ajah... krn anda pertama kali piara anjing klo ambil trah gedhe nanti shock ama pipis pup sembarangan,hancurin perabotan diawal2 pelatihan... klo sdh mahir piara trah kecil bru piara trah gedhe, knp hrs chihuahua? krn dia kecil dan tdk merepotkan,pipis pup dilatih di koran ajah,ada tampat puu dijuAl di petshop tinggal ganti koran 2 lembar yg dilipat  tiap harinya... mandi jg cukup di wastafel... soalnya anda suka karakter dogie yg aktiv,seaktif2 nya chihuahua palingan yg rusak cuman sendal.. klo trah gedhe itu sofa dirmh bisa ambles diganyang,memang bisa dilatih tapi selama proses pelatihan pasti makan korban perabotan mahal bisa kena... belum lg anjing kecil brarti dog food jg dikit,cuma 1 kg utk sebulan... skali makan bisa dihitung palingan cuma 20 butir dog food...
27 Sep 2012 16:56:07 #18
Avatar Memey.Ping
Memey.Ping
Total Post : 5
piara anjing itu komitmen, saya ajah pengen bgt piara alaskan malamute tapi urung terus krn rmh saya kurang gedhe dan saya pantangan ngandangin anjing krn gag tega,,,alhasil piara chihuahua yg penting anjing2 jg dan saya bisa maksimal kasi better home living utk dogie saya....
28 Sep 2012 10:02:40 #19
Avatar M4NB35TFR13ND
M4NB35TFR13ND
Total Post : 199
Bagaimana bro sandy.mohan sudah banyak masukan dari para teman-teman sekarang keputusan ada ditangan ada, dari semua ada 1 hal yang disebut berulang-ulang yaitu "komitment" itu penting sekali. Karena sering kali saya melihat banyak orang mengadopsi puppy (jenis apa saja) di pet shop atau pun breeder tetapi hanya bersifat sementara saja karena bosan, sudah tidak lucu, sudah tidak cakep (karena waktu umur tertentu anjing akan terlihat jelek), dsb. Dan akhirnya anjingnya jadi keluar masuk pet shop karena hal-hal tersebut. Good luck finding your buddy
29 Sep 2012 12:48:17 #20
Avatar Sandy_Mohan
Sandy_Mohan
Total Post : 18
Wah, ditinggal kurang lebih seminggu langsung banyak masukan. Makasih banyak atas masukan - masukan semuanya. Jadi semakin bersemangat untuk pelihara anjing. Hahahaha...

Pengen anjing gede tuh soalnya kalau kecil, sy fikir sama aja dgn kucing (ukuran)... Soal komitmen, sy sudah beberapa bulan ini memikirkan matang - matang positif dan negatifnya memelihara anjing. Pastinya, memelihara hewan peliharaan apapun itu dibutuhkan komitmen untuk menjaga dan saling tukar/curahkan kasih sayang. Sepertinya jika untuk rotweiller, kasihan tetangga, sepertinya untuk sy sih big no problem, karena bagi kebanyakan orang anjing lucu aja masih suka dibilang serem apalagi jenis trah ini. Hehehe...

Kebetulan rumah saya juga lumayan kecil dan tanpa pagar (kompleks di rumah sy tinggal semuanya tidak dipagar).

Tapi yang saya percayai, apapun trah anjing tersebut yang paling penting adalah saling percaya dengan si doggie dan pelatihan sedari kecil. Dilatih dengan kasih sayang penuh sepertinya akan memberi efek booster kepada kepatuhan si doggie, bener gak sih?
Tapi apa doggie bener2 se "perusak" itu sampai barang gede aja di gigit?
Dan satu lagi, anjing memang beda sama kucing (selain dari kecerdasan) soal bulunya yang ada musim rontok. Sepertinya hal ini yang harus saya fikir - fikir dengan baik, apa ingin yang punya bulu medium or long atau short hair? Hmmm....
Fitur Javascript tidak Aktif! Untuk menggunakan fasilitas ini, Javascript di browser Anda harus diaktifkan. Hubungi AnDi untuk bantuan.
 

Kirim Komentarmu disini

Upload Foto, Klik Disini
Thread IconAvatar User
Mau Tahu Alasan Mengapa Anjing Memiliki Satu Mata Berwarna Biru?
Thread IconAvatar User
Pemilik yang Ingin Bunuh Diri, Diselamatkan oleh Anjingnya
Thread IconAvatar User
[VIDEO] Lihat Kegigihan Anjing Super Lembut Ini Mengajak Anak Down Syndrome Bermain
Thread IconAvatar User
Wow, Sekarang di Cina Ada Anjing Panda !
Kembali ke atas

0.4932