INFO Komunikasi Lebih Lancar & Pasti Sampai via Email ke AnjingDijual@gmail.com (Prioritas, dibalas lebih cepat!)
AnjingDijual.com
Buat Thread Baru Kirim Komentar
16 Dec 2013 10:53:04
#1
Avatar Nikita
Nikita
Total Post : 842

Penting untuk tahu! Penyakit-Penyakit Anjing yang Bisa Menular ke Manusia

Ada beberapa penyakit anjing yang bersifat zoonosis (zoonotic), artinya penyakit yang dapat ditularkan dari anjing kepada manusia. Dari sekitar 250 organisme zoonosis, hanya segelincir kecil yang bisa ditularkan dari anjing ke manusia. Dan apa sajakah penyakit itu? berikut listnya.

1. Rabies
Virus rabies ditularkan melalui air liur hewan yang terinfeksi. Akan berakibat fatal bila tertular ke manusia dan anjing, sangat penting untuk memvaksinasi anjing Anda untuk mencegah penyakit mematikan ini.

foto

2. Giardiasis
Giardia adalah parasit usus yang dapat menyebabkan diare dan gangguan pencernaan pada anjing. Giardia adalah spesies parasit sederhana bersel satu, bukan cacing, bakteri ataupun virus. Biasanya tertular dari air atau feses yang terkontaminasi.

foto

3. Cacing Gelang (roundworm)
Cacing gelang adalah parasit usus yang bila terinfeksi, Anda mungkin akan bisa melihat cacing panjang seperti spaghetti ada dalam feses anjing Anda. Jika cacing-cacing tersebut membentuk bola dalam tubuh, maka bisa menyebabkan penyumbatan usus. Umumnya terjadi pada anak anjing. Sangat penting untuk mengatur jadwal minum obat cacing anjing Anda sesuai rekomendasi dokter hewan.

foto

Juga layak untuk disimak :
Bisakah Manusia Terinfeksi Cacing dari Anjing

4. Salmonellosis
Salmonellosis disebabkan oleh bakteri Salmonella yang menyebabkan lemas, diare, demam dan muntah pada beberapa anjing, sementara yang lain bisa mengalami sakit perut ringan dan kurang nafsu makan selama beberapa hari. Makanan hewan dan feses yang terkontaminasi adalah penyebab umum penularannya.

foto

5. Penyakit Tick-Borne (penyakit yang ditularkan oleh caplak)
Penyakit Lyme dan Rocky Mountain adalah termasuk penyakit Tick-Borne yang ditularkan melalui gigitan caplak. Mereka umumnya menyebabkan demam, pembengkakan dan nyeri sendi, dan bisa mengancam jiwa anjing Anda jika tidak diobati. Kenali cara pencegahannya agar anjing Anda dapat terjauh dari caplak dan terbebas dari penyakit yang disebabkannya.

foto

Juga layak untuk disimak :
Kenali Masalah Kutu Anjing, Pencegahan dan Pemberantasannya

6. Penyakit Kulit
Ringworm dan Sarcoptic Mange adalah dua penyakit kulit pada anjing yang bersifat zoonosis. Ringworm sebenarnya disebabkan oleh jamur, bukan cacing seperti namanya dan muncul dalam bentuk bercak merah bersisik pada tubuh anjing Anda. Sarcoptic mange, atau dikenal sebagai scabies (kudis), disebabkan oleh tungau yang menyerang kulit dan menyebabkan gatal parah serta kerontokan bulu.

foto

Juga layak untuk disimak :
12 Penyakit Kulit Anjing Terpopuler
Scabies atau Sarcoptic Mange pada Anjing

7. Penyakit Zoonosis lain yang jarang terjadi
Bordatella, cryptosporidosis dan leptospirosis lebih sering menyebar diantara anjing, meskipun manusia bisa tertular dari anjing tapi jarang sekali terjadi. Bordatella, sering disebut kennel cough adalah masalah pernafasan yang biasa ditandai dengan batuk kering. Cryptosporidosis adalah penyakit parasit yang menyebabkan gangguan pencernaan. Cairan intravena (infus) seringkali dibutuhkan untuk mengganti cairan yang hilang karena muntah dan diare. Leptospirosis adalah penyakit bakteri yang menular melalui urin dari hewan yang terinfeksi. Jika tidak diobati, penyakit ini bisa menyebabkan gagal hati dan kematian.

Juga layak untuk disimak :

Kennel Cough Pada Anjing
Kupas Tuntas Penyakit Leptospirosis pada Anjing

Pencegahan sedini mungkin
Penting untuk memberikan vaksinasi kepada anjing Anda tepat waktu dan jika dimungkinkan kunjungi dokter hewan untuk melakukan check up seluruh tubuh anjing Anda setahun sekali. Menjaga kebersihan lingkungan rumah Anda dan selalu mencuci tangan Anda setelah menangani feses atau urin anjing Anda.

Sumber:
http://dogcare.dailypuppy.com/zoonotic-canine-diseases-4465.html
http://www.vcahospitals.com/main/pet-health-information/article/animal-health/giardia-in-dogs/766
dan berbagai sumber.

Last Edited : 16 Dec 2013 11:27:45
24 Dec 2013 20:44:58
#2
Avatar golden_monashKennel1
golden_monashKennel1
Total Post : 5
Tks ya..sangat bermanfaat infonya
13 Jan 2014 00:08:16
#3
Avatar Rottfan1
Rottfan1
Auto Banned
Total Post : 905
sangat bermanfaat buat aku yang rumahku udah jadi parvo central, sampe bisa beli rumah sendiri aku gak berani beli rott lagi, abisnya tinggal sama orang jorok yg barang2nya asal di depan kamarnya sampe berdebu di tegor gak mau tahu. dan tanpa sirkulasi udara dan sinar matahari yang cukup
24 Feb 2014 10:39:56
#4
Avatar Harry_Dexter
Harry_Dexter
Total Post : 20
Informasi yang sangat bermanfaat, thx a lot
14 May 2014 14:54:26
#5
Avatar montotoyupi
montotoyupi
Total Post : 30
kalau scabies menular nggak ya,kakak kakak?
22 Dec 2015 22:22:34
#6
Avatar yolanda.anggraene
yolanda.anggraene
Total Post : 1
Klo anjing helder kudisan trs 1 kandang sama golden apa bisa menular kak
09 May 2016 07:37:17
#7
Avatar hanaputri.as
hanaputri.as
Total Post : 1
Kalau anjing kutuan bisa nular ga ke manusia kak??
29 Jul 2016 08:59:36
#8
Avatar rachmaningtyasputri
rachmaningtyasputri
Total Post : 1
Kalo scabies hati hati bisa nular ke manusia, kutuan juga bisa nular.
16 Sep 2017 20:59:34
#9
Avatar eliapasaribu01
eliapasaribu01
Total Post : 1
anjingku mati karena muntah2 dan tidak makan selama seminggu saya sendiri yang menguburkannnya. apakah udara disekitarnya selama sakit dan mati tsb ketika kita hirup bisa menyebabkan pnyakit ?

Kirim Komentar
Mohon maaf, Fasilitas "Post Reply" sedang maintenance untuk performa yg lebih baik. Please come back later.