INFO Komunikasi Lebih Lancar & Pasti Sampai via Email ke AnjingDijual@gmail.com (Prioritas, dibalas lebih cepat!)
AnjingDijual.com
Buat Thread Baru Kirim Komentar
20 Nov 2013 15:42:27
#1
Avatar Nikita
Nikita
Total Post : 842

Tips Mengatasi Perilaku Anjing yang Agresif Ketika Makan [plus video panduannya]

foto

Apakah anjing Anda bersikap agresif ketika ia sedang makan? apakah ia menggeram, menyeringai, dan bahkan menggigit ketika kita atau hewan lain mendekatinya saat sedang makan? Hati-hati, Anjing Anda mungkin memiliki perilaku food agression/possesion agression. Perilaku ini adalah masalah yang serius, tidak boleh ditoleransi dan harus diatasi segera karena kita tidak pernah tahu kapan perilaku ini bisa meningkat menjadi sesuatu yang lebih berbahaya.

Mengapa anjing bersikap agresif saat makan?
Pada umumnya, perilaku ini disebabkan karena:
- Anjing Anda takut kehilangan makanannya sehingga ia harus melindungi makanannya. ketika Anda mendekat, ia melihat Anda sebagai ancaman (meskipun Anda yang memberinya makanan).
- Biasa berkaitan dengan ketidakjelasan siapa yang menjadi pack leader di rumah atau anjing tidak melihat Anda sebagai pack leadernya. Dan, tugas Anda untuk memperbaikinya dan menunjukkan bahwa Andalah pack leadernya.
- Anjing Anda tidak tahu bahwa perilaku agresifnya adalah perilaku yang tidak bisa diterima.

Jangan biarkan anjing Anda 'memenangkan' makanannya melalui geramannya, karena ini hanya akan semakin memperkuat perilakunya. Namun, jangan pula menggertak atau memarahi anjing Anda, karena ini malah akan membuatnya semakin terancam dan malah memperparah perilakunya.

Teknik melatih agar anjing tidak agresif saat makan
Pertama, berhati-hatilah. Jika Anda yakin bahwa perilaku agresif anjing Anda dapat menimbulkan ancaman atau bahaya terhadap Anda atau anggota keluarga, maka sangat disarankan untuk meminta bantuan profesional seperti pelatih anjing profesional.

Dibawah ini adalah beberapa teknik pelatihan yang dapat membantu mengatasi perilaku agresif anjing Anda terhadap makanan. Ingat semua teknik ini dirancang untuk tujuan agar anjing Anda dapat nyaman dengan keberadaan Anda kapan saja, termasuk ketika waktu makan.

Tunjukkan kepada anjing Anda siapa bosnya.

- Beri makan anjing Anda dengan tangan Anda langsung. Agar nantinya Anda bisa mendekatkan tangan di mangkuk makan anjing Anda saat ia sedang makan tanpa ada tanda-tanda agresif.

foto


- Berdiri dalam jarak dimana anjing Anda merasa nyaman, lalu perlahan-lahan kurangi jarak dari waktu ke waktu. Anda bisa menaruh beberapa treat di dalam (atau di dekat) mangkuk makan saat Anda perlahan-lahan mengurangi jarak.

- Taruh mangkuk makan anjing Anda dalam kondisi kosong atau tidak ada isi, anjing Anda akan melihat ke Anda seolah meminta agar Anda datang dan mengisi mangkuknya. lalu, beri makan anjing Anda seperti biasa, namun dengan mengisinya sedikit-sedikit. Ketika ia selesai menghabiskan makanan dalam mangkuk, ia akan melihat kembali pada Anda, lalu Anda bisa mengisinya lagi dengan makanan yang tersisa.

- Taruh beberapa treat yang sangat anjing Anda sukai ke dalam mangkuk makan setiap kali Anda berjalan melewatinya (saat anjing sedang makan). Setelah beberapa kali melakukannya, anjing Anda akan menyambut saat Anda mendekati mangkuk makannya.

- Saat anjing Anda sedang makan, panggil dia dan saat dia mendatangi Anda berikan reward kepadanya, buat hal tsb bernilai baginya, kemudian biarkan dia kembali ke mangkuk makannya.

foto


- Selama Anda sedang menyiapkan makanan anjing Anda, perintahkan anjing Anda untuk down atau sit, dan baru boleh selesai down atau sit jika Anda sudah menaruh mangkuk makannya. Dengan melakukan ini Anda menunjukkan bahwa Anda yang mengatur waktu makan dan Anda adalah pack leadernya.

- Bekerjasama dengan anggota keluarga Anda. Pakaikan collar dan leash pada anjing Anda dan minta dia duduk dengan dibantu oleh anggota keluarga saat Anda sedang menyiapkan makanannya. Saat Anda sudah selesai, lepaskan anjing Anda dan mengijinkannya makan. Sekali lagi, Anda yang mengendalikan situasinya.

Berikut video contoh perilaku agresif anjing terhadap makanannya dan menggunakan salah satu teknik diatas untuk mengatasinya:




Sumber:
dog-obedience-training-review.com

Last Edited : 20 Nov 2013 15:55:37
20 Nov 2013 16:26:44
#2
Avatar merry.yohana.3
merry.yohana.3
Total Post : 14
thx untuk infonya, akan sy praktekan nanti di rumah

Kirim Komentar
Mohon maaf, Fasilitas "Post Reply" sedang maintenance untuk performa yg lebih baik. Please come back later.