INFO Komunikasi Lebih Lancar & Pasti Sampai via Email ke AnjingDijual@gmail.com (Prioritas, dibalas lebih cepat!)
AnjingDijual.com
Buat Thread Baru Kirim Komentar
08 Oct 2013 10:48:51
#1
Avatar Nikita
Nikita
Total Post : 842

Apa yang Menyebabkan Induk Anjing Menolak Bayinya? Berikut Alasannya..

foto
Ketika induk anjing menolak satu atau beberapa bayinya, itu biasanya berarti ada sesuatu yang salah dengan kesehatan dirinya atau bayi-bayinya. Tanpa perawatan induknya, bayi anjing yang ditolak membutuhkan perawatan dukungan segera dari Anda sebagai pemilik anjing dan perawatan dokter hewan sesegera mungkin.

Kondisi Bayi Anjing Sakit
Seekor induk anjing akan menolak bayinya jika si bayi dalam kondisi sakit, apakah karena infeksi bakteri atau virus, cacat lahir bawaan atau penyakit lainnya seperti anemia. Ketika bayi anjing gagal untuk berkembang (biasa disebut fading puppy syndrome), maka induk anjing akan berhenti menyusuinya atau menghangatkannya karena ia merasa bahwa bayinya tidak akan mampu bertahan. Jika sang induk sudah sampai mendorong anak-anaknya agar menjauh darinya maka sangat penting Anda harus membawa anak-anaknya ke dokter segera untuk mendapat perawatan.

Naluri Keibuan (Maternal Instinct)
Induk anjing yang masih muda belum berpengalaman dan anak-anak anjing yang dilahirkan melalui operasi caesar cenderung kurang memiliki naluri keibuan yang diperlukan untuk merawat anak-anak mereka. Salah satu alasannya adalah kurangnya hormon oxytocin pada induk anjing, yang berfungsi untuk merangsang perilaku keibuan setelah melahirkan. Tanpa hasrat hormonal untuk merawat anak-anaknya, membuat induk anjing akan menolak anaknya. Bahkan induk anjing mungkin akan membahayakan anaknya, karena itu yang terbaik adalah memisahkan induk dan anak anjing jika Anda melihat adanya perilaku agresif pada induk anjing terhadap anak-anaknya. Berikan susu formula sebagai pengganti asi. Jaga anak anjing agar tetap hangat dengan heating pad yang disetting rendah dan ditutupi dengan handuk tebal.

foto
Kesehatan si Induk
Jika induk anjing mengalami sakit, ia akan menolak anak-anaknya hanya karena ia tidak memiliki kekuatan untuk merawat mereka. Beberapa induk anjing yang menyusui bisa menderita kondisi yang dikenal dengan mastitis. Mastitis adalah infeksi kelenjar susu yang dapat timbul saat anjing Anda menyusui anak-anaknya. Selain itu, kemungkinan lain ia juga bisa menderita komplikasi pasca kelahiran seperti infeksi bakteri rahim yang disebut metritis, yang menyebabkannya menolak anaknya. Jika induk anjing kelihatan lesu, tidak mau makan, demam atau keluar cairan nanah pada vagina atau putingnya, bawa segera ke dokter hewan untuk mengobatinya bersama dengan anak-anaknya, yang mungkin juga membutuhkan perawatan pendukung.

foto

Pertimbangan si Induk karena Merasa Kewalahan
Kadang-kadang seekor induk anjing akan menolak satu atau beberapa anaknya karena terlalu banyak anak yang harus dirawatnya. Jika induk anjing tampak kewalahan dengan anak-anaknya, berikan susu botol untuk anak yang ditolak atau tidak mendapat perawatan dari induk anjing. Berikan tempat yang tenang, terpencil untuk induk anjing dan anaknya, karena induk yang stres lebih mungkin untuk menolak anaknya. Berikan makanan yang mengandung lebih banyak lemak dan protein untuk induk anjing dibandingkan dog food biasanya. Ini akan memberikannya ekstra kalori yang diperlukan untuk merawat anak-anaknya.


Sumber:
pets.thenest.com

Last Edited : 08 Oct 2013 11:03:12
08 Oct 2013 17:05:03
#2
Avatar RiskiatH
RiskiatH
Total Post : 26
bantu bener gan infonya
29 Aug 2014 11:41:19
#3
Avatar Diah.Paramitha.Ganeshwari
Diah.Paramitha.Ganeshwari
Total Post : 1
mau tanya nih...
anjing saya misahin salah satu anaknya ke tempat lain, tetapi di tempat itu anjingnya tetep disusui dirawat...
itu tandanya gimana ya?
21 Mar 2015 19:04:36
#4
Avatar meli.lee.503
meli.lee.503
Total Post : 4
Mungkin dia masih punya rasa keibuan x jd dia tetep nyusuin anak yg dipindahin itu,semoga bermanfaat
22 Feb 2017 21:15:57
#5
Avatar garciaviviella
garciaviviella
Total Post : 1
Saya mau tanya juga anjing saya lahir caesar lalu dia nolak anaknya kalau didekatin ke anaknya dy mau gigit anaknya jadi saya pisahkan tapi dalam kandang dia nangis terus kata dokter jangan kasi bebas biar jahitannya ga gampang terluka lalu ini dia makan banyak dan nangis dalam kandang yang tau solusi bisa tolong bantu ? Mohon bantuannya ya
30 Aug 2017 13:51:05
#6
Avatar paldarmdhn
paldarmdhn
Total Post : 1
Ini anjing saya pitbull udah melahirkan 3x dan emg sebelumnya kurang jago dalam ngurus anak. Sekarang sudah lahir lagi, dari 10 mati 5. Akhirnya sudah saya susuin pake dot pake susu growsy. Saya mau pisahin anaknya biar saya lebih gampanhbngurusnya tp si induknya marah terus. Jadi harus gimana ya?

Kirim Komentar
Mohon maaf, Fasilitas "Post Reply" sedang maintenance untuk performa yg lebih baik. Please come back later.