INFO Komunikasi Lebih Lancar & Pasti Sampai via Email ke AnjingDijual@gmail.com (Prioritas, dibalas lebih cepat!)
AnjingDijual.com
Buat Thread Baru Kirim Komentar
25 Sep 2013 13:11:32
#1
Avatar Nikita
Nikita
Total Post : 842

Mengajarkan Anjing untuk Tidak Melompati Orang

Di kehidupan anjing, cara mereka menyapa adalah dengan mendekatkan hidung mereka ke hidung anjing lain. Dan, mereka ingin melakukan hal yang sama dengan kita. Namun karena hidung kita tidak sama tingginya dengan mereka, maka mereka harus melompat untuk menjangkaunya.

Anda mungkin tahu seharusnya tidak membiarkan anjing Anda melompati Anda, namun saat melihat anjing Anda yang masih puppy mungkin terlihat terlalu manis untuk ditolak. Kita lupa bahwa perilaku yang kelihatan lucu saat puppy bisa menjadi sangat mengganggu nantinya ketika ia besar nanti. Anda mungkin tidak akan selalu senang disambut demikian apalagi ketika jejak kaki anjing membekas pada baju baru kesayangan Anda.

Membiarkan anjing Anda melompat pada orang bisa berbahaya juga. Anda/orang lain bisa tergores dan memar karenanya. Anak kecil atau orang dewasa yang lemah mungkin bisa dirobohkan dan terluka parah.

Mengatasi masalah perilaku ini membutuhkan latihan dan konsistensi. Ada 3 metode yang bisa Anda gunakan:

1. Metode Mengabaikan
- Saat anjing mulai mengangkat kaki depannya, segera balikan badan Anda dan membelakangi anjing Anda.

foto

- Saat kaki anjing menyentuh punggung atau kaki Anda, benar-benar abaikan dia. Bahkan jangan menengok/melihatnya sama sekali. Jika anjing kemudian melangkah ke depan Anda dan melompat lagi, balikkan lagi badan Anda dan membelakanginya kembali.

foto

- Terus lakukan ini sampai anjing melakukan hal lain yang lebih diinginkan, seperti duduk, berdiri diam, atau bahkan berbalik pergi. Begitu ini terjadi, segera arahkan perhatian Anda ke arah anjing, lalu berikan pujian dan belaian.

foto

- Jika setelah diberi perhatian dan anjing mulai melompat lagi, segera hentikan perhatian Anda dan berbalik membelakanginya lagi.

foto

- Terus lanjutkan siklus ini sampai anjing Anda tenang dan tidak lagi melompat. Metode ini mengajarkan kepada anjing Anda bahwa perilaku melompat ke Anda, TIDAK AKAN mendapatkan perhatian Anda. Memarahi bahkan termasuk bentuk perhatian. Saat menggunakan metode ini, jangan berikan bentuk perhatian apapun saat ia melompat ke Anda kecuali saat ia sudah bersikap benar.

foto

2.Metode Sit (Duduk)
- Ketika anjing mulai melompat, ketika mereka mulai melompat, letakkan salah satu tangan Anda ke hidung/wajah mereka (seperti digambar), sambil mendorong ke bawah dan perintahkan "DOWN". Hidung anjing sensitif dan setelah diulangi beberapa kali, mereka tidak akan mendorong wajah/hidungnya. Metode ini bisa berhasil, jika Anda dengan konsisten melakukan hal ini setiap kali mereka melompat.

foto

- Ajari anjing Anda perintah "Sit" (duduk). Ini akan mengajarkan anjing Anda bahwa ada cara lain untuk menyambut Anda.

foto

- Ketika Anda pergi atau kembali ke rumah (atau kapanpun setiap kali anjing Anda biasanya melompat ke Anda), perintahkan "Sit" (duduk) sebelum anjing Anda mulai melompat.

foto

- Jika anjing Anda duduk, segera puji dia. Berikan banyak tepuk tangan dan tunjukkan bahwa ia melakukan hal yang benar.

foto

- Jika anjing Anda mengabaikan Anda dan tetap melompat ke Anda, lakukan metode 1 dan 3.


foto


- Begitu Anda sudah berhasil membuatnya berhenti melompat, ulangi perintah "Sit" jika diperlukan. Puji anjing Anda ketika ia duduk.

foto

- Terus lakukan ini setiap kali anjing Anda mulai melompat ke Anda. Secara bertahap, anjing Anda akan belajar bahwa ia harus duduk jika ia ingin Anda menyambutnya.

foto

3. Metode Leash/tali anjing
- Pakaikan leash pada anjing Anda (Jangan gunakan collar rantai!)

foto

- Ketika ia melompat pada Anda, katakan padanya dengan suara semi tegas "No", jangan terlalu keras.
- Pada posisi anjing menghadap Anda, injak tali anjing dan tahan kaki Anda diatasnya. Saat ia melompat, ia hanya bisa melompat kecil.
foto

- Berikan treat dan katakan "good boy" (or girl). Anda mungkin harus mengulangi metode ini selama beberapa hari.
foto

- Selesai.
foto

Catatan:
- Keluarga dalam rumah dan tamu juga harus mengikuti program latihan yang Anda berikan, dalam arti mereka juga tidak boleh membiarkan anjing Anda melompat kepada mereka. Jika Anda tidak ingin anjing Anda melompat pada orang, maka tetap pada latihan Anda dan jangan membuat pengecualian.


Sumber:
wikihow.com
humanesociety.org

Last Edited : 26 Sep 2013 15:08:31
26 Sep 2013 11:52:54
#2
Avatar 005793
005793
Total Post : 10
nice info... thanks..
03 Oct 2013 12:41:40
#3
Avatar mar0306
mar0306
Auto Banned
Total Post : 42
thx infonya... berguna bnr metode ne dgn prilaku anjing shiba inu sy yg msh 2 bln....

Kirim Komentar
Mohon maaf, Fasilitas "Post Reply" sedang maintenance untuk performa yg lebih baik. Please come back later.